APA SAJA KEGIATAN DILAKUKAN SAAT MAGANG KULIAH



Assalamualaikum Warrohmatullahi Wabarakatu. Selamat Siang Untuk kawan semua.
Kali ini saya akan membagi pengalaman tentang kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) atau yang teman-teman kenal Magang. TIPS PENTING KEGIATAN SELAMA MAGANG
Yaaaa. PKL atau magang merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil untuk mendapatkan gelar Sarjana. Biasanya PKL/Magang ini di kontrak ketika teman-teman sudah masuk ke semester akhir.
PKL atau magang adalah suatu kegiatan yang dilakukan di perusahaan, pabrik, ataupun turun langsung ke lapangan agar mahasiswa dapat memperaktekan secara langsung ilmu yang di dapat di bangku perkuliahan ke lapangan. Adapun maksud dan tujuan Fakultas melakukan PKL/magang untuk mahasiswa tingkat  akhir adalah sebagai berikut :
1.         Mendapatkan pengalaman dan memahami dunia kerja didalam perusahaan
2.         Menambah pemahaman mahasiswa tentang keterampilan kerja dan berperan                           serta aktif dalam proses kerja di perusahaan.
3.  Melatih mahasiswa untuk dapat mengidentifikasi, menganalisis dan mencari solusi                serta  mengeksekusi permasalahan real yang ada di dunia kerja.
4.        Menjalin dan meningkatkan kerjasama antara Fakultas disuatu Universitas dengan             dunia kerja.
5.         Mempelajari secara langsung kegiatan yang ada di lapangan
Untuk berapa lama waktu kegiatan PKL/ magang didasarkan pada ketentuan masing-masing Fakultas, saya sendiri melakukan PKL/ magang selama 300 Jam atau 2 bulan dengan rincian 7 jam/hari dengan tempat tinggal diperumahan karyawan sekitar pabrik.  Selain itu, tempat PKL/magang tidak diberikan langsung oleh Fakultas,melainkan mahasiswa terlebih dahulu mencarinya jika tidak mendapatkan tempat maka pihak Fakultas akan memberikan rekomendasi tempat pabrik ataupun perusaahaan.
Untuk sharing tentang pengalaman, saya saat ini adalah mahasiswa semester 7 jurusan Teknologi Hasil Pertanian, tempat magang saya bisa lingkup industri pangan, balai pengkajian teknologi pertanian, pabrik pengolahan minyak kelapa sawit dan semua aspek yang berhubungan dengan pangan. For your information jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) salah satu jurusan favorit karena prospek kedepannya akan cerah. Bukan tanpa sebab statement saya buat, semua orang membutuhkan pangan untuk menjalankan hidup, seiring dengan perkembangan zaman industri-industri pangan tentu akan membuka peluang sarjana THP untuk bekerja didalamnya.
Masuk ke inti judul yang saya buat, kebetulan saya mendapatkan tempat magang di Pabrik Pengolahan Minyak Kelapa Sawit yaitu PT Perkebunan Nusantara VI (salah satu punya BUMN). Tujuan utama pada PKL/magang adalah untuk mendapatkan judul laporan magang yang akan di seminarkan diFakultas. Jadi sebelum itu temen-temen harus membaca buku, internet yang dapat menambah wawasan tentang pabrik yang di kunjungi. Di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) menghasilkan produk setengah jadi yaitu CPO(crude palm oil) dan inti sawit (kernel) dengan mutu yang baik. Mahasiswa selama PKL/magang akan dibimbing oleh pembimbing lapangan (pihak pabrik), garis beras yang di amati mahasiswa khususnya THP di PKS yaitu dimulai dari penyotiran tandan buah segar (TBS), stasiun perebusan, perontokan brondolan (Thresher), Press, Klarifikasi CPO, stasiun kernel serta pengawasan mutu di Laboratorium.
Setiap hari selama 2 bulan mahasiswa diwajibkan membawa logbook (sejenis catatan) untuk mencatat setiap stasiun yang telah dipelajari dan akan diperiksa oleh dosen (tergantung peraturan yang dibuat).
Salah satu pengalaman yang saya dapatkan sewaktu PKL/magang adalah bersikap ramahlah kepada semua operator, ajak mereka berinteraksi dengan memperkenalkan diri, sehingga selama anda magang temen-temen mendaptkan keluarga baru di lingkungan baru. Selain itu, bersikaplah tidak tahu walaupun sebenernya kalian tau tentang semua yang ada dipabrik/ perusahaan karena sudah dipelajari di bangku perkuliahan, dengan tujuan agar mereka tidak merasa tersinggung atas sikap kita yang sombong tentang ilmu yang kita miliki. Tips lainya yaitu selalu gunakan Alat pelindung diri (APD), jangan suka mengeluh saat bekerja (karena salah satu penilaian dari pembimbing lapangan), dan jadikan PKL/magang sebagai suatu pengalaman yang berharga sebelum anda benar-benar terjun di dunia kerja.
Setelah semua proses pengolahan di PKS telah di pelajari, lalu saya fokus untuk membuat laporan PKL, sebelumnya untuk mendapatkan judul temen-temen harus melewati fase-fase bimbingan dengan dosen dan pembimbing lapangan. Setelah fase bimbingan dan keduanya menyetujui maka didapatlah judul untuk laporan  saya.  Eeets belum kelar ceritanyaa. Jadi untuk mendapatkan permasalahan yang ada di PKS tentu kita harus mendapatkan data – data yang ingin kita masukan di laporan,  contohnya : saya mengambil judul “Analisa pengaruh sistem Triple peak terhadap losses minyak di air kondensat selama perebusan di PT Perkebunan Nusantara VI PKS ‘’ maka untuk mendapatkan data-data kehilangan minyak selama perebusan tandan buah segar saya harus mengambil air kondensat (rebusan) saat perebusan berlangsung dan itu butuh keberanian yang besar, sebab jika sedikit saja kena kulit maka akan melepuh akibat panas perebusan mencapai 130ᵒC, pengambilan sampel dilakukan selama 7 hari berturut- turut untuk mendapatkan rata-rata kehilangan(losses) minyak. 
Dan finally, waktu telah menunjukan kegiatan PKL/magang telah selesai, dan tentu ada pepatah mengatakan “Datang tampak muka, pulang tampak punggung” artinya datang dengan baik dan pulang baik juga. Tak lupa mengucapkan perpisahan kepada semua orang di pabrik yang selama 2 bulan telah memberikan ilmu dan masukan  yang bermanfaat.
Eeeets perjuangan masih berlanjut, karena hasil PKL/magang kita akan di presentasikan di depan para dosen-dosen. Dan tentunya ini seminar pertama sayaa.

Comments