Cara Masuk Jalur Perguruan Tinggi Negeri



Awal tahun merupakan hal yang tidak disukai bagi sebagian anak  kelas XII karena selalu dihantui rasa  kecemasan akan menjawab soal-soal UN yang semakin tahun semakin sulit dan sebagian sekolah menengah dikota-kota besar dituntut UN menggunakan komputer ,hal ini tentu membuat rasa deg-degan bagi siswa siswi yang ingin melaksanakanya serta akan terjadinya perpisahan yang akan membuat rindu akan suasana kelas,teman-teman seperjuangan dan kantin yang menjadi markas saat tidak ada guru dikelas ,itu semua menjadi salah satu pertimbangan beratnya meninggalkan masa-masa putih abu-abu . Namun seiring berjalanya waktu kita dituntut untuk terus melangkah kedepan untuk mengejar  impian yang sejak kecil telah kita bayangkan. Oleh sebab itu ,Bagugus.blogspot.com membuat blog bagi adik-adik yang setelah lulus SMA ingin melanjutkan keperguruan tinggi negeri baik itu D3 dan S1 .disini akan dibahas jalur  cara masuk perguruan tinggi negeri yang ada diindonesia…
Melalui blog ini tentang cara untuk masuk keperguruan tinggi negeri diindonesia dapat membantu menjadi solusi bagi adik-adik untuk memasuki perguruan tinggi 2016.
1.     JALUR SNMPTN.
         Sesuai dengan namanya seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri ,menurut pengalaman saya disini dinilai berdasarkan nilai raport adik-adik dari semester 1 hingga semester 5 ,pihak sekolah  disini berperan aktif untuk mendaftarkan seluruh murid-muridnya untuk mendapat kesempatan memilih 2 Universitas dengan 3 pilihan jurusan yang diminati , bagi adik-adik yang merasa perangkinganya saat dikelas 1 hingga kelas 3 semester 5 selalu mendapat 3 besar ,maka akan berkesempatan lolos di jalur snmptn ini, tetapi karena ini seleski nasional yang meliputi seluruh Indonesia ,maka harus diurutkan berdasarkan nilai raport tertinggi yang digabungkan seluruh siswa siswi diindonesia .  namun berdasarkan pengalaman teman saya yang lulus jalur snmptn ini ,ada tips-tips jika ingin lulus dijalur snmptn ini .saya contohkan jika si A berasal dari daerah bukit besar Palembang ,ia memilih jalur snmptn ini di Unsri yang tepatnya berada di sumatera selatan, maka si A ini mempunyai kesempatan lolos jalur snmptn dibanding si B yang berasal dari Jambi yang inign kuliah di Unsri. Jadi dapat disimpulkan bahwa peluang lolos dapat untuk pemuda asli daerah tersebut dibadning pemuda luar daerah.
2.     JALUR SBMPTN
Seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri ini pendaftaran dapat melalui online yang mana setoran uang pendaftaran dapat dikirim melalui bank BRI setelah melakukan pemilihan 2 Universitas dan 3 jurusan. Jalur sbmptn merupakan tes akademik yang meliputi tes TKD dan TKPA yang mana soal-soal nya selalu berganti dari tahun ketahun. Jalur sbmptn ini lebih berat disebabkan sainganya yang berasal dari seluruh Indonesia, namun tidak ada yang tidak mungkin jika kita ingin berusaha. Pendaftaraan biasanya dilakukan bulan mei ,bagi adik-adik yang ingin lolos dijalur ini banyak sekali bimbel-bimbel yang membuka jalur lolos sbmptn seperti G* ,Prim*g*ma dan lain-lain ,dengan diberi bimbingan menjawab soal-soal dan kisi-kisi serta bisa berkonseling tentang jurusan yang mau diambil untuk jalur sbmptn ini.

3.     JALUR UMB-PT

Ujian masuk bersama- perguruan tinggi ini juga bisa mendaftar online dengan lebih mahal uang pendaftaraan dibanding jalur sbmptn , jalur umb-pt ini pun juga tidak seluruh universitas membuka jalur UMB-PT ini disebabkan kuota yang telah memenuhi ,disini kita dapat memilih 2 Universitas dan 5 jurusan yang masih  tersedia dapat menampung jalur UMB-PT disebabkan karena kuota untuk jalur ini hanya 20% lebih kecil dibanding jalur SNMPTN dan SBMPTN. Soal-soal yang dibahas sama dengan soal SBMPTN namun dirubah sedikit.




Demikian sekilas tentang Cara Masuk Perguruaan Tinggi Negeri ,berdasarkan pengalaman saya pilihlah jurusan yang memiliki prospek yang cerah dimasa depan dan sesuai bakat yang anda mumpuni ,jadi pikirkanlah sematang mungkin terlebih dahulu dalam memilih jurusan. Jangan lupa kunjungi postingan diBagugus.blogspot.com yang lainya. Terima kasih ^_^ .

Comments