Jenis-jenis Paragraf -Bagugus.blogspot.com


Di Bagugus.blogspot.com akan membahas tentang pelajaran yang mana telah tuntas diajarkan sewaktu SMA yaitu jenis-jenis paragraph ,tetepai bagi yang belum mempelajari dan ingin menambah referensi tentang kegunaan masing-masing karangan tersebut  ,disini akan dibahas pengertian masing-masing paragraph dan Penggunaan paragraf tersebut memiliki fungsi tersendiri dalam sebuah karangan .
Didalam sebuah paragraph terdapat gagasan utama  yaitu ide pokok dari suatu karangan ,didalam suatu paragraph tentu ada ide pokok yang ada letak nya diawal kalimat (Deduktif),ada diakhir kalimat (Induktif) , serta ada diawal dan akhir kalimat(campur) . selain gagasan utama tentu ada kalimat pendukung ,kalimat pendukung ini  yang akan menjelaskan atau mendukung ide-ide  pokok.
Berikut ini macam-macam paragraf yang kita ketahui ada 5 jenis yaitu :
·         Paragraph Eksposisi
·         Paragraph Argumentasi
·         Paragraph Deskripsi
·         Paragraph Persuasi
·         Paragraph Narasi

Paragaf adalah rangkaian kalimat yang memliki suatu gagasan utama. Dalam bahasa Indonesia, Paragraf dikelompokan berdasarkan bentuk dan fungsinya. Berdasarkan bentuknya paragraf dibedakan menjadi paragraf deduktif, induktif, dan campuran.

Sedangkan berdasarakan tujuannya, paragraf dibedakan menjadi paragraf narasi, argumentasi, eksposisi, deskripsi, dan persuasi. kali ini akan dibahas pargaraf  sebagai berikut .


1)      . Paragraph Eksposisi
Paragraph Eksposisi adalah sebuah paragraf yang berisi tentang informasi – informasi yang berupa pengetahuan atau berita. Paragraf ini bertujuan untuk memberikan informasi yang sangat jelas kepada para pembacanya tentang topik yang disampaikan.bersifat ilmiah yang mana memeiliki bukti-bukti berupa data hasil sabuah penelitian  dan tidak berusaha mempengaruhi pembacanya.




2)      . Paragraph Argumentasi
Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf isinya berupa pendapat – pendapat yang diungkapkan oleh penulisnya. Paragraf ini bertujuan untuk memberikan sebuah pandangan terhadap suatu permasalahan kepada pembaca .Argumen atau pendapat haruslah alas an-alasan yang kuat berupa data agar pembaca mempercayainya.


3)      . Paragraph Deskripsi

Paragraph Deskripsi adalah sebuah paragraph yang berisi penggambaran suatu benda atau objek, paragraf ini bertujuan memberikan gambaaran secara jelas seolah olah pembaca dapat merasakan ,melihat dan membayangkan objek tersebut.pada paragraph ini banyak ditemukan kata-kata sifat lebar,besar ,tinggi ,rendah ,bulat dan lain-lain.


4)      . Paragraph Persuasi
Paragraph Persuasif adalah sebuah paragraph yang berisi tentang ajakan-ajakan dengan menyertakan alas an-alasan yang kuat agar sipembaca melakukan apa yang disampaikan oleh sipenulis. Pada paragraph ini menggunakan kata-kata ajakan seperti Ayo ,Marilah ,Lakukanlah dan kalimat-kalimat ajakan yang lainya.


5)      . Paragraph Narasi
Paragraf narasi adalah sebuah paragraf yang menceritakan suatu peristiwa tertentu yang disusun secara urut. Paragraf ini berfungsi untuk menghibur para pembacanya. Pada paragraph ini memiliki tokoh ,alur,konflik ,sudut pandang  yang dapat disebut unsur intrinsik.

Demikian postingan saya kali ini yang membahas Jenis-jenis paragraph .semoga kalian semua mendapat pemahaman  setelah membaca postingan ini  ^_^ . Terima kasih..






Comments