Jenis-Jenis UKM Dan Cara Memilih UKM Di Universitas


Kemabali lagi diblog Bagugus.blogspot.com. kali ini saya akan memberikan tips cara memilih UKM yang ada di Universitas. Biasanya kegiatan mahasiswa ini diikuti oleh mahasiswa baru ,karena dengan alasan  ingin mencari pengalaman baru, hobi ,dan alasan-alasan lainya.

UKM singkatan dari unit kegiatan mahasiswa ,ini termasuk organisasi dalam kampus ,tak sedikit mahasiswa baru menjatuhkan pilihan di UKM yang menurutnya keren,gaul dan alasan ajakan teman namun itu salah, sebab UKM sendiri tidak ada paksaan dan kita berhak memilih dengan catatan kita harus bisa mengikuti dan setidaknya mempunyai basic untuk mengikuti UKM kampus.
 Berikut akan saya paparkan jenis-jenis UKM dan cara memilih UKM yang ada di Universitas.

1.      ROHIS
Rohis adalah kegiatan mahasiswa yang selalu bernuansa islam ,disetiap Universitas memiliki nama yang berbaeda-beda tetapi sama tujuanya. Kegiatan UKM Rohis ini sangat cocok untuk mahasiswa mahasiswi yang ingin memperdalam agama dengan catatan  kita harus hati-hati memilih kegiatan keagamaan sebab tidak sedikit ada yang merubah tujuan dari kegiatan rohis ini menjadi aliran yang sesat. Pilihlah rohis yang menurut anda itu baik dan tanyakan kepada mahasiswa lain sekitar kampus apakah rohis tersebut menyimpang dari agama islam.

2.      EXSIST
Eksist adalah kegiatan mahasiswa dalam kampus yang mana lebih cendrung dalam menulis karya ilmiah, penelitian,pengabdian ,public speaking dan lain-lain yang mana akan membuat kalian semua makin eksist .UKM eksist ini akan mengajarkan bagi kalian yang ingin bergabung ,sebab  dari pengalaman saya ,anggota eksist kebanyakan mahasiswa yang cerdas-cerdas ,tetapi tanggapan itu dibantah oleh anggota eksist  ,ia mengatakan saya bisa berbicara didepan kalian semua tanpa grogi dan membuat karya ilmiah bukan karena cerdas ,tetapi karena saya ada kemauan yang kuat sehingga saya bisa begini. Jadi bagi kalian yang ingin public speaking dan lain-lain disinilah UKM yang cocok kalian pilih.

3.      MAPALA
Mapala singkatan dari mahasiswa pencinta alam .UKM mapala ini selalu berinteraksi dengan alam/outdoor. kegiatan-kegiatan yang dilakukan anatara lain climbing/panjat tebing, mendaki gunung, menjaga kelestarian lingkungan , dan yang selalu berkaitan dengan alam. UKM ini mempunyai daya tarik sendiri dibanding UKM lainya ,sebab mapala senang akan tantangan seperti mendaki gunung karena tidak semua orang yang memiliki fisik yang kuat untuk mendakinya. Jadi jika kalian memliki chemistry dengan alam, mapala ini cocok untuk anda .dengan catatan harus disesuaikan dengan jadwal kampus jika ada kegiatan-kegiatan yang memakan waktu cukup lama.

4.      MENWA
UKM ini sering disebut-sebut tentaranya mahasiswa.sebab  UKM ini membutuhkan fisik dan stamina yang baik untuk pelatihan ala militer yang biasanya dilatih langsung di satuan militer. UKM ini memiliki seragam sendiri dan bertugas jika ada tamu-tamu besar yang berkunjung ke Universitas dan katanya menwa ini mendapat honor selama masih aktif dalam organisasi menwa. Menwa ini cocok bagi kalian yang memiliki jiwa militer yang tentunya bikin kalian tambah kece abis.

5.      BELA DIRI
Salah satu UKM yang digemari mahasiswa tak sedikit mahasiswi juga mengikuti bela diri dengan alasan menjaga diri dan membantu jikalau orang membutuhkan bantuannya. Bela diri disini bisa meliputi Taekwondo, Tarung derajat, Karate, Silat dan lain-lain tergantung Universitas . fisik dan mental tentunya akan diasah disini ,tak jarang bela diri kampus mengikuti turnamen bergengsi .jadi pilihlah jika kalian ingin memiliki kemampuan membela diri dan tujuan-tujuan yang lainya.

6.      OLAHRAGA
UKM olahraga sering menjadi pilihan utama ,olahraga disini bisa berupa futsal,volley ,basket dan lain-lain tergantun Universitas . UKM olahraga ini juga tak sering melewatkan turnamen bergengsi yang sering diadakan oleh Kementrian pemuda dan olahraga. Jika kalian memiliki hoby futsal tentunya bisa masuk ke UKM ini.
7.      KESENIAN
UKM ini sering ditampilkan diacara-acara resmi pemerintahan seperti penerimaan tamu Negara. Kesenian ini berupa tari ,drama kolosal ,musical ,puisi,dan band. UKM kesenian tidak dapat dipandang sebelah mata ,sebab tanpa adanya UKM kesenian menurut saya akan berakibat generasi muda akan lupa tentang tarian-tarian daerah yang berakibat akan berpotensi diklaim oleh Negara tetangga.sebaikanya pilihlah UKM ini yang memiliki hoby seni.
8.      EDITOR
Kebanyakan UKM editor ini mahasiswa jurusan ilmu computer ,sebab kegiatannya tidak lepas dari teknologi seperti membuat film berdurasi pendek ,membuat mascot-maskot kampus dan berkaitan tentang mengedit.

Dari jenis-jenis UKM dan cara memilih UKM yang ada di Universitas saya mengambil dari Universitas Jambi,mungkin ada beberapa UKM lainya yang ada di Universitas lain.carilah UKM yang didasarkan hobi dan bakat dan saran saya jangan korbankan perkuliahan demi organisasi ,namun organisasi pada dasarnya penting ,jadi untuk itu kalian harus megatur waktu sebaik mungkin.
Demikian blog Jenis-jenis UKM dan cara memilih UKM di Universitas di Bagugus.blogspot.com semoga bermanfaat untuk kita semua. Termia kasih ^_^ .

Comments

Edi Winanto said…
Makasih sarannya.