Himpunan Mahasiswa Islam - Sekretariat Cab Jambi

Bagugus.blogspot.com akan membagi pengalaman latihan kader 1 tentang sebuah organisasi mahasiswa yang benuansa islam  ,organisasi mahasiswa ini merupakan salah satu organisasi yang bisa dikatakan masih konsisten sejak kemerdekaan Indonesia.
Sebelumnya bagugus.blogspot.com akan mendeskripsikan pengalaman saat mengikuti LK 1 tentang profil organisasi keislaman ini.

Himpunan Mahsiswa Islam Sekretariat HMI cabang  Jambi .
Dikatakan himpunan karena mereka berhimpun atau membentuk kesatuan atau menyatuh sebagai pemuda bangsa yang ingin menjadikan para kader menjadi muslim intelektual professional.
Awal sejarah HMI ialah adanya keresahan dari ketiga mahasiswa yang memikirkan  umat muslim yang semakin kearah kemunduran ,salah satu tokoh pendiri ialah Lafran pane merupakan mahasiswa UGM lahir di Padangsidempuan 5 Februari 1922. Untuk menghindari berbagai macam tafsiran, karena bertepatan dengan berdirinya HMI Lafran Pane mengubah tanggal lahirnya menjadi 12 April 1923. sehingga mereka berfikir untuk membentuk suatu himpunan yang bernuansa islam dengan bertlatarkan Al-Quran dan Al-Hadist .
Tujuan HMI yaitu terbinanya insan yang akademis,pencipta, pengabdi ,yang bernafaskan islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil maksmur yang diridhoin Allah SWT.
Sebagai salah satu organisasi yang masih aktif pada saat ini ,peranan mahasiswa sangat penting didalam konsistensi HMI ini ,mahasiswa tidak hanya berunjuk rasa ditengah jalan tetapi peranan mahasiswa dapat memberi aspirasi masyarakat ke pemerintah ,bisa dikatakan berfungsi sebagai penghubung aspirasi sehingga mahasiswa secara tidak langsung dapat mengawasi pelaksanaan  kepemerintahan yang tidak menyelewengkan amanat dari rakyat. walaupun memang peranan HMI pada saat G/SPKI tidak terdengar tetapi HMI berperan dalam memberantas Partai Komunis Indonesia sebagai sebab kemunduran umat muslin di Indonesia.
            Pada  era saat ini, anggota yang disebut kader HMI masih memberi peluang bagi mahasiswa yang ingin menjadi kader ,dengan cara pengkaderan . Pengkaderan ialah usaha yang dilakukan organisasi secara sadar dan sistematis selaras dengan pedoman HMI. Tentu untuk menjadi kader HMI melalui persyatan dengan penilaian sbb :
-harus bisa membaca Al-Quran
 -Maperja
 -LK 1(latihan kader 1)
 -LK 2(latihan kader 2) dengan memenuhi  syarat terlebih dahulu sbb:
            +harus mendalami 10 buku referensi
            +pada saat mengikuti LK 2 harus berjarak 6 bulan dari LK 1
-LK 3(latihan kader 3) dengan memenuhi syarat terlebih dahulu sbb:
            +harus mendalami 30 buku referensi tentang islam
            +pada saat mengikuti LK3 harus berjarak 2 tahun dari LK 2.
-Pengabdian masyarakat.
            Dorongan pertama saya memilih masuk organisasi HMI tidak ada paksaan dari orang lain ,hanya saja  keinginan akan berorganisasi timbul dalam diri saya, dalam LK 1 yang berlangsung selama 3 hari disekretariat HMI cabang Jambi sangat berkesan ,bagaimana tidak ,disana kita dikumpulkan terdiri dari laki-laki dan kohati perempuan yang berasal dari fakultas dan universitas yang berbeda ,pada hari pertama kita diajarkan oleh MOT(master of traning) yang telah melewati LK 3 yang mana dikasih suatu gambar ,dan kita disuruh untuk kedepan satu persatu mendeskrispisikan hasil pemikiran kita pada gambar tersebut. Selama LK 1 kohat laki-laki pada malam hari ditempatkan satu kamar berukuran 3x2 yang berisi 12 orang ,tentu amat sesak tidur berdempetan tetapi tujuan nya tentu untuk menjalin kesetiakawanan dan bekerja sama  antar LK 1.
            Selama 3 hari kita diberi berbagai materi antara lain mempelajari tentang Dasar-dasar kepercayaan, Filsafah islam ,Ideologi ,sejarah HMI , tipe-tipe kepemimpinan, Retorika ,cara membawakan acara persidangan dan  mengemukakan pendapat didepan LK 1 lainya. Perlu dimengerti bahwa HMI tidak ada paksaan jika pada saat  berjalanya LK 1 ada yang ingin berehenti atau keluar, karena selama 3 hari mulai dari 04.30 pagi hingga 11.50 malam ada materi yang disampaikan ,sehingga kesan LK 1 sangat letih,lelah dan lesu kita rasakan. walau letih , Kebersamaan saat makan malam dengan menggunakan alas daun pisang menjadi kesan bagi kita dan menemukan suasana keluarga yang baru.
 

            .




Banyak manfaat yang kita dapat ambil selain  ilmu dari para pemateri ,tujuan berorganisasi tentu ingin menambah pergaulan yang luas dari sesama kader HMI ,untuk informasi biaya LK 1-3 dibiayai oleh kader-kader HMI yang sudah berkerja dengan memberi sumbangan (donatur). Setelah 3 hari selasai LK 1 biasanya untuk mengumpulkan lagi kader-kader HMI diadakan follow up di secretariat HMI dengan pemateri yang sangat berpengalaman.
Demikian postingan Bagugus.blogspot.com bagi yang inign join ,pasti kalian akan mendapat pengalaman dan kesan tersendiri yang dirasakan. Sampai bertemu lagi dipostingan selanjutnya. Terima kasih. ^_^

Comments